PIS 10-02 _ 30110320 _ I/O device

Jumat, 29 Oktober 2010

Cara kerja monitor LCD

        Secara Sederhana LCD (Liquid Crystal Display) terdiri dari dua bagian utama. yaitu Backlight dan kristal cair. Backlight sendiri adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah lampu neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Lalu bagaimana caranya LCD bisa menampilkan banyak warna ? Disinilah peran dari kristal cair. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda (jika anda masih ingat Pelajaran Fisika). Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat-rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair. Contrast ratio Contrast Ratio adalah perbandingan tingkat terang (brightness) pada posisi paling putih dan paling hitam. 
            Pada waktu kristal cair menutup serapat-rapatnya untuk menghasilkan warna hitam seharusnya tidak ada cahaya backlight yang menembusnya. Namun kenyataannya masih ada cahaya backlight yang bisa menembus kristal cair sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam dengan baik. Inilah salah satu kekurangan LCD. Jadi semakin besar Contrast Ratio maka semakin bagus pula LCD dalam menampilkan warna. Response Time Kristal cair pada LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup ini berlangsung sangat cepat (mengikuti pergerakan gambar di layar). Karena itulah ada istilah Response Time di LCD. Response Time adalah waktu yang diperlukan untuk berubah dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu menampilkan warna putih). Jadi semakin cepat response time maka semakin baik. Response Time yang lambat akan menimbulkan cacat gambar.



Cara kerja monitor CRT
Sinyal gambar dari VGA ini kemudian diterima oleh rangkaian BLOK VIDEO dan rangkaian SYNCRONISASI HORISONTAL dan VERTIKAL.
Sinyal yang masuk ke blok video adalah sinyal warna merah, hijau dan biru atau Red green dan Blue.Sinyal syncronisasi vertikal dan horisontal di proses oleh rangkain syncronisasi untuk kemudian diteruskan ke rangkaian HORISONTAL dan rangkaian VERTIKAL Jadi ada dua bagian pertama yg bekerja agar monitor nyala dan bekerja normal yaitu :
1. blok video dan
2. blok syncronisasi vertikal dan horisontal

Kemudian dari syncronisasi vertikal diteruskan ke rangkaian vertikal, di sini sinyal vertikal diolah dengan komponen utama IC VERTIKAL yang berfungsi menggerakkan yoke vertikal.
Kemudian dari syncronisasi horisontal diteruskan ke rangkaian horisontal dan disini sinyal horisontal di olah dengan komponen utama transistor horisontal yang berfungsi menggerakkan flyback dan yoke tabung.
Flyback digunakan untuk menghasilkan tegangan sangat tinggi yaitu sekitar 26 KV, agar elektron dari katoda tabung dapat menembak ke anoda tabung sehingga muncul gambar. jadi kalau flyback tidak bekerja maka elektron tidak akan menembak dan monitor akan mati.
Yoke digunakan untuk mengarahkan elektron yg dihasilkan oleh katoda tabung agar terarah baik, yoke horisontal untuk mengarahkan elektron ke arah horisontal dan yoke vertikal untuk mengarahkan elektron ke arah vertikal, dan jika dua-duanya digabung maka elektron akan menembak ke anoda tabung secara merata dan sempurna.
Kemudian yg terakhir adalah rangkaian controller / driver dimana rangkaian ini berfungsi untuk mengatur settingan monitor, lebar sempitnya dan tinggi rendahnya serta terang gelapnya.

Cara kerja monitor plasma
Plasma adalah bahan yang memiliki ion tinggi dan netral secara elektris. Plasma ini terdiri atas partikel ion, elektron, dan netral. Di dalamnya selalu terdapat jumlah yang samaantaraelektrondanionpositif.
Dalam plasma, elektron sudah dipisahkan dari nukleus inti. Jadi, sebuah plasma terdiri atas banyak ion dan elektron lalu merupakan penghantar lisrik yang sangat baik dan mudah dipengaruhi medan magnet. Elektron ini bisa dipisahkan dari nukleus dengan cara pemanasan. Terdapat sejumlah keunggulan dari displai plasma. Jika digunakan untuk menonton tv tentu saja plasma ini memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada tv biasa. Scanning garis yang biasa terdapat di CRT biasa juga tidak akan terlihat.





Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah alat pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Plotter
Fungsi dari plotter tidak jauh berbeda dari pencetak, yaitu
untuk menampilkan data dari komputer ke dalam wujud fisik.
Plotter adalah suatu alat pencetak gambar vector dalam wujud
suatu ‘plot’ grafik. Dengan berkembangnya kualitas pencetak
(printer), serta meningkatnya kemampuan prosesor dan
memori komputer, penggunaan plotter menurun secara
drastis, digantikan oleh plotter versi baru yang bisa dibilang
hanya versi besar pencetak yang sudah ada seperti pencetak
inkjetatau toner-based. Tipe plotter yang utama digunakan adalah pen plotter.
Plotter kini digunakan pada gambar teknik serta aplikasi CAD, karena
kemampuannya bekerja pada ukuran kertas yang besar dengan tetap menjaga
resolusi yang tinggi. Dengan menggantikan penanya dengan cutter, plotter juga
bisa digunakan untuk menggunting pinggiran dengan akurat.

Pencetak Laser
 adalah pencetak tipetoner-based yang
paling umum dijumpai (juga terdapat pencetak tipe
toner-based yang menggunakan LED ketimbang laser
dengan proses pencetakan yang tidak begitu berbeda).
Prosesor dalam pencetak mengubah data yang hendak
dicetak ke formatbitmap, yang kemudian disimpan
dalam memori gambar raster. Suatu muatan elektrostatik
dialirkan pada drum pencetak yang berputar. Kemudian,
pancaran laser dapat memproyeksikan gambaran suatu halaman yang akan
dicetak pada drum. Fotokonduktivitas menghilangkan arus listrik dari area yang
terekspos cahaya laser, kemudian partikeltoner terangkat secara elektrostatis
oleh bagian drum yang dialiri listrik.
Pada akhirnya, drum ini mencetak gambaran pada kertas melalui kontak
langsung dan panas & tekanan, yang mengikattoner ke kertas. Setelah ini
semua selesai sebuah tangkai tak bermuatan listrik dan lampu penembak
menghilangkantoner dan semua muatan yang tersisa dari drum.

Pencetak Inkjet
Pencetak  ini bekerja dengan
meneteskan tetesan-tetesan kecil tinta cair darijet
tinta. Terdapat tiga jenis teknologi yang sering
digunakan untuk pencetak tipe ini, yaitu: thermal,
piezoelektrik, dan continuous ink. Tipe thermal
memiliki kartrid (cartridge) tinta dengan susunan
ruang-ruang kecil yang telah dipanaskan. Pencetak
menghasilkan gambar dengan mengalirkan arus listrik melalui ruang-ruang kecil
ini, menghasilkan ledakan uap di ruang tersebut yang membentuk gelembung.
Gelembung ini menekan tetesan tinta ke kertas.

Modem
berasal dari singkatan modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Dan biasa disebut juga penghubung untuk ke internet.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

PIS 10-02 _ 30110320 _ CPU Z

Minggu, 24 Oktober 2010





CPU-Z merupakan software untuk mengetahui beberapa informasi penting mengenai komponen-komponen utama dariPC/komputer atau laptop.
Di dalamnya terdapat ,core speed, multiplier, bus speed, qpi link, cache, package dll.
Di sini akan di jelaskan beberapa pengertian dari masing kata-kata di atas,yaitu:

  • Core Speed : kecepatan di salah satu core tersebut.
  • Multiplier : adalah penggandaan biner
  • Bus Speed : kecepatan transfer data dari CPU ke RAM
  • Qpi Link : muatan yang di tampung bus speed, dulu qpi link sering juga disebut FSB (front side bus), sementara itu nilai qpi dapat diperoleh dari perkalian BCLK dengan qpi multiplier (qpi link speed).
  • Cache : adalah sebuah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data. Dalam cache tersebut terdapat tiga level bagian yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb.Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletakterpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.
  • Package : Untuk menginformasikan type atau jenis dari motherboard itu sendiri.
Itulah beberapa pengertian dari masing-masing tampilan yang ada di CPU Z.

By  Henry 

Pis 10-02 _30110320 _ Mengenal Perangkat PC

Jumat, 15 Oktober 2010

    Komponen-komponen utama computer terdapat dalam sebuah kotak disebut main unit. Di dalamnya berisi mainboard/motherboard,display adapter, I/O controller, Power supply, disk drive dan adapter-adapter lain yang mungkin ditambahkan sebagai penunjang sesuai dengan tingkat kebutuhan si pemakai.

Adapun beberapa komponen yang digunakan untuk membangun PC adalah :


  • Cassing dan Power Supply

Cassing dan power supply terkadang dijual dalam satu kesatuan, meskipun beberapa penjual terkadang menjualnya secara terpisah. Banyak sekali desain yang ditawarkan untuk dapat dipilih, akan tetapi biasanya tergantung dari bentuk motherboard yang anda ingin gunakan. Berapa jumlah drive yang tersedia, dan apakah model desktop atau model tower. Beberapa casing disertai dengan kipas pendingin tambahan , penyaring udara untuk menghindari debu, sisi panel yang dapat dibuka dan dudukan mainboard. Ukuran dan bentuk casing, power supply dan pelengkap motherboard disebut form factor. Beberapa form factor casing yang sangat popular adalah :

1. Full Tower

2. Middle Tower

3. Desktop

4. Low-Profile

   Cassing yang menggunakan board ATX biasanya menggunakan form factor full tower, dan mini tower dan desktop.Dalam memilih cassing dalam bentuk desktop atau tower, sangat tergantung pada pilihan anda sendri dan lokasi sistemnya. Beberapa orang merasa system tower lebih longgar dan memudahkan pekerjaannya, dan ukuran tower ini akan menyediakan lubang tempat drive penyimpanan anda lebih dari cukup. Cassing tower ini akan mencukupi karena tersedianya lubang floppy drives, tempat drive harddisk yang banyak, CD-ROM drive dan semuanya yang ingin anda instal sesuai dengan kebutuhan.

  •  Motherboard (Papan Utama)

Motherboard atau mainboard merupakan alas atau wadah untuk komponen-komponen,seperti: microprosessor dan memory (ram/random access memory), rom BIOS (Basic Input Output System) dan chip controller lainnya. Selain itu juga terdapat Slot yang disebut slot expansi (expansion slot) yaitu tempat memasang kartu-kartu (card) tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas yang ada pada computer.

  •  Chipset

Selain processor terdapat komponen utama dalam sebuah motherboard yaitu chipset. Biasanya terdapat satu hingga 4 chip pada rangkaian utama, chipset telah mengganti 150 komponen berbeda. Chipset berisi sambungan pada seluruh motherboard kecuali memory dan processor pada keseluruhan system. Chipset adalah motherboard yang sesungguhnya, .chipset yang digunakan motherboard mempunyai efek yang sangat besar pada performa dan limitasinya dalam sebuah boar, seperti ukuran memori dan kecepatannya, tipe processor dan kecepatannya, bus-bus pendukung dan kecepatannya, dan lain-lain. Jika anda merencanakan untuk menggunakan teknologi terkini seperti AGP atau USB kedalam system anda. Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah motherboard anda telah mempunyai chipset yang mendukung fitur tersebut atau tidak.

  •  Memory

Memory berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memory mempunyai bermacam-macam tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.

Berdasarkan kecepatan aksesnya :

Tercepat : - Register

- Chace memory

Terlambat : - Main Memory

-Sekunder memory

Selain menyatakan hubungan kecepatan, hakiki tersebut juga menyatakan hubungan-hubungan lain, yaitu :

· Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).

· Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitas semakin terbatas.

· Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.

      v. Register Memori

Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang paling cepat, memori ini terdapat pada CPU/Processor. Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Register, Memory Address, I/O address Register, Instruction Register,dll.

    v Cache Memori

Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache memori ini ada diantara memori utama dan register pemproses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

  v Memori Utama

Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memori utama :

1. ROM (Read Only Memory) berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.

2. RAM (Random Access Memory berfungsi menyimpan data untuk sementara waktu.

  v Memori Sekunder

Merupakan memori tambahan berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh : Harddisk, floppy disk, dll.
  •  Input / Output Unit

Input/Output Unit merupakan bagian dari computer untuk menerima data maupun mengeluarkan/menampilkan data setelah diproses oleh Processor. Input/Output Unit dibagi dalam dua bagian, yaitu :

- Port I/O : Merupakan port atau gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O.

- Peripheral I/O : sesuatu yang mengacu ke peralatan eksternal yang dihubungkan dengan computer.


by :Henry

Pis10-02_30110320_Cara Cepat dan Praktis Merakit PC

Pada umunya merakit PC itu cukup mudah, hanya saja dibutuhkan ketelitian saat mengerjakanya,sehingga hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan.

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan bermacam-macam pilihan kualitas dan harga yang bervariasi. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan kita.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:

A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul. Hal yang terkait dalam persiapan meliputi: Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket




Persiapan

1. Penentuan Konfigurasi Komputer
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
3. Pengamanan

Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkaitan erat dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

* Komponen komputer
* Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
* Buku manual dan referensi dari komponen
* Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.




Buku manual diperlukan untuk mengetahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

* Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
* Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.



Perakitan

Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:

1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

1. Penyiapan motherboard

Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.



2. Memasang Prosessor

1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali tuas pengunci.

Jenis Slot




1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak

Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.




Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:

3. Memasang Heatsink

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.



4. Memasang Modul Memori

Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.

Jenis SIMM

1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.












Jenis DIMM dan RIMM

Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan

1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.







5. Memasang Motherboard pada Casing

Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.




6. Memasang Power Supply

1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.



7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.

1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.





8. Memasang Drive

Tata cara memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut: Cara memasang adapter:Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:

1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard

Sambungkan kabel power dari satu daya ke masing-masing drive.

Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya.



9. Memasang Card Adapter

1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
2. Pasang sekerup penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.




10. Penyelessaian Akhir

1. Pasang penutup casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor monitor ke port video card.
4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.



Pengujian

1. Hidupkan monitor lalu  Perhatikan lah tampilan monitor dan suara dari speaker.
2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST . Tekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

Penanganan Masalah

Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:

1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot

Itulah cara-cara merakit komputer yang benar. ikutilah semua instruksi-instruksi yang ada di dalam buku panduan merakit.


By: Hendri

MENCEGAH JERAWAT

Kamis, 07 Oktober 2010

Jerawat adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi pada kulit, terutama di usia remaja. Pada dasarnya, pori – pori kulit yang tertutup kotoran dan menghalangi jalan keluarnya minyak dari dalam kulit merupakan penyebab utama timbulnya jerawat.

Namun, berbagai faktor lain juga dapat menjadi penyebab dari timbulnya jerawat di permukaan kulit, seperti meningkatnya hormon seksual pada masa pubertas remaja, alergi terhadap makanan, kosmetik, udara kotor, cuaca, dan sebagainya.

Ketika pori – pori kulit telah tertutup oleh kotoran atau zat asing lainnya selama berjam – jam, kulit akan kesulitan untuk mengeluarkan minyak dari kelenjar minyak yang terdapat di lapisan dalam kulit.

Sehingga, ketika kotoran atau zat asing tersebut tidak dibersihkan secepatnya, maka akan menghalangi pori – pori untuk bernafas dan tumbuhnya bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan; pori – pori membengkak, berwarna merah dan terasa sakit. Jerawat akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian kulit yang meradang bahkan terkadang disertai rasa gatal yang sama sekali terasa tidak nyaman.

Ketika jerawat telah timbul dan meradang, akan sulit sekali bagi seseorang untuk menghilangkannya. Seseorang akan butuh waktu yang lama untuk menyembuhkan serta mencegah jerawat yang lain untuk tidak timbul.

Belum lagi, noda – noda hitam akan merusak keindahan kulit wajah; bahkan diperlukan waktu lebih lama lagi untuk menghilangkan noda – noda hitam tersebut. Itulah mengapa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Anda harus tahu semua hal yang dapat menjauhkan Anda dari masalah kulit yang sangat menyebalkan tersebut sehingga Anda tidak akan tersiksa oleh ketidaknyamanan saat jerawat meradang dan meninggalkan bekas di kulit wajah.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat;

1. Pahami jenis kulit Anda. Kulit wajah berminyak merupakan jenis kulit yang lebih rentan terhadap jerawat. Untuk itu Anda harus memilih produk perawatan yang tepat untuk kulit berminyak; mulai dari sabun wajah, pelembab, bedak, dan sebagainya. Pilihlah produk yang dapat mencegah produksi minyak berlebih pada kulit sehingga kotoran dan debu tidak dengan mudahnya menempel pada kulit.

2. Usahakan untuk tidak mengenakan make up dalam jangka waktu yang terlalu lama karena hal ini merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat serta peradangan kulit ketika penyembuhan tidak segera dilakukan.

Namun apabila Anda terpaksa mengenakan make up selama lebih dari 6 jam, akan lebih baik jika Anda membersihkan olesan make up yang lama dengan facial wash dan oleskan make up yang baru sehingga debu yang menempel bersama make up yang lama tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

3. Membersihkan kulit dan membasuhnya dengan facial wash serta air bersih sebelum tidur merupakan ritual utama yang harus dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Meski Anda tidak bepergian di malam hari dan tidak mengenakan bedak atau make up, sangat penting untuk membersihkan wajah sebelum tidur untuk menjaga kesegarannya serta mencegah jerawat.

4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E, C dan zat – zat anti oksidan; akan menjadi nutrisi yang sangat penting bagi Anda yang sangat peduli pada kecantikan kulit. Nutrisi – nutrisi tersebut akan sangat efektif untuk mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit akan selalu terlihat segar dan muda.

5. Mencoba beberapa bahan tradisional untuk merawat kecantikan wajah akan menjadi ide bagus karena bahan tradisional akan menjadi bahan yang paling aman untuk kulit. Namun, Anda harus memastikan apakah bahan tersebut cocok untuk jenis kulit Anda dan tidak menimbulkan alergi.

Bahan tradisional yang dapat digunakan untuk mencegah jerawat adalah seperti tomat, parutan kentang, mentimun, atau bahan – bahan lainnya. Anda dapat menggunakan bahan tersebut sebagai masker sebelum membersihkan wajah di malam hari.

KIAT MEMBESARKAN USAHA KECIL

Tidak banyak usaha kecil yang bertahan selama lima tahun dan berkembang menjadi perusahaan besar.
Masalah yang seringkali muncul, tidak banyak pengusaha yang tahan menghadapi masa-masa sulit di awal membangun usahanya. Tidak bisa dipungkiri, masalah mental selalu menjadi prioritas utama sebelum terjun ke dunia bisnis.
Memulai usaha kecil memang membutuhkan banyak waktu, tenaga, tekad dan kerja keras. Tidak mudah menjalani tahun-tahun awal Anda  dalam menjalankan usaha.
Bisa jadi Anda tidak mendapatkan keuntungan apapun dalam waktu singkat. Modal Anda mungkin akan kembali pada jarak 1 hingga 2 tahun kedepan.
Dalam menghadapi masa krisis seperti ini, maka pertanyaan yang sering datang adalah bagaimana cara terbaik untuk memulai usaha kecil. Banyak orang yang memiliki usaha, namun tidak tahu caranya memulai.
Alih-alih mencari solusi, kebanyakan orang justru membuat nyaman dirinya dengan memupuskan harapan memiliki usaha sendiri.
Itu adalah hal lumrah dalam dunia usaha. Apalagi mengingat kondisi ekonomi yang sedang mengalami kelesuan seperti saat ini. Meski demikian, Anda tidak perlu patah semangat.  Jika Anda berencana untuk berhasil dalam menjalankan usaha kecil, Anda harus tetap termotivasi.
Pacu diri Anda untuk melakukan yang terbaik. Jika Anda sungguh-sungguh, maka kesuksesan akan Anda raih.
Hal pertama yang harus Anda temukan adalah keahlian dan minat. Lakukan hal yang Anda sukai, agar Anda menjalankan usaha kecil dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan dari siapapun. Anda akan menikmati hari-hari Anda dalam meraih sukses.
Kedua, perhatikan ide bisnis apa yang cenderung terus mengalami kemajuan. Jika Anda memiliki minat untuk memulai usaha kecil, alangkah baiknya jika Anda mulai melakukan penelitian atas tren industri, dengan melihat apa yang tersedia di luar sana. Apa saja yang dibeli oleh kebanyakan orang? Produk apa yang paling banyak diminati, yang memiliki permintaan tinggi?
Lakukan penelitian dengan benar, sebelum Anda benar-benar memulai usaha kecil Anda! Jangan sampai usaha yang Anda lakukan akan berjalan di tempat, karena tidak serius melakukan riset. Pikirkan, jalur mana yang membuat Anda mendapatkan pendapatan paling besar? Usaha seperti apa yang memiliki potensi pertumbuhan yang terbaik?
Berikut beberapa saran untuk memulai usaha kecil:
  • Merencanakan strategi. Rencana bisnis akan membantu Anda untuk bersikap realistis. Mencoba dan berpikir melalui seluruh proses dan anggaran, berangkat dari rencana bisnis yang Anda buat. Hal ini juga berguna jika Anda memerlukan untuk mendapatkan pinjaman demi kelangsungan usaha kecil Anda.
  • Mulai dengan biaya minimum. Lihat apakah Anda dapat bekerja dengan mendirikan usaha lainnya, misalnya coba mulai aktif sebagai konsultan/agen.
  • Cobalah untuk menghindari menyewa ruang kantor mahal, apalagi jika Anda tidak memiliki klien yang tetap untuk bisnis kecil Anda.
  • Cobalah untuk bekerja dengan kemampuan Anda dan mencoba untuk menghindari pinjaman uang.
  • Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang sesuai, yang terdaftar untuk pajak/PPN, sehingga usaha kecil Anda aman dari perkara hukum.
  • Bermimpilah! Ia tidak pernah terlambat untuk ide bisnis baru. Banyak orang memiliki lebih dari satu usaha. Anda dapat membuat bisnis baru pada saat Anda menjalankan bisnis yang sudah tetap.
  • Layanan bagus dan integritas bisnis adalah kunci sukses untuk jangka panjang.

HARDWARE

Sabtu, 02 Oktober 2010

A. Perangkat Keras dan Fungsinya
   Hardware adalah perangkat yang bisa di sentuh secara fisik. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
 gambar-211.jpg
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
 mouse
Gambar 2.12 Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
 gambar-213a.jpggambar-213b.jpggambar-213c.jpg
Touch Pad                   Track Ball                     Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
Gambar Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
 gambar-217.jpg Gambar Barcode Reader
gambar-216.jpg  Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Gambar Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
Kamera Digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
Gambar headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
gambar-221.jpg
Posted in ICT For H