PIS 10-02 _ 30110320 _ CPU Z

Minggu, 24 Oktober 2010





CPU-Z merupakan software untuk mengetahui beberapa informasi penting mengenai komponen-komponen utama dariPC/komputer atau laptop.
Di dalamnya terdapat ,core speed, multiplier, bus speed, qpi link, cache, package dll.
Di sini akan di jelaskan beberapa pengertian dari masing kata-kata di atas,yaitu:

  • Core Speed : kecepatan di salah satu core tersebut.
  • Multiplier : adalah penggandaan biner
  • Bus Speed : kecepatan transfer data dari CPU ke RAM
  • Qpi Link : muatan yang di tampung bus speed, dulu qpi link sering juga disebut FSB (front side bus), sementara itu nilai qpi dapat diperoleh dari perkalian BCLK dengan qpi multiplier (qpi link speed).
  • Cache : adalah sebuah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data. Dalam cache tersebut terdapat tiga level bagian yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb.Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletakterpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.
  • Package : Untuk menginformasikan type atau jenis dari motherboard itu sendiri.
Itulah beberapa pengertian dari masing-masing tampilan yang ada di CPU Z.

By  Henry 

0 komentar:

Posting Komentar