Pis 10-02 _30110320 _ Mengenal Perangkat PC

Jumat, 15 Oktober 2010

    Komponen-komponen utama computer terdapat dalam sebuah kotak disebut main unit. Di dalamnya berisi mainboard/motherboard,display adapter, I/O controller, Power supply, disk drive dan adapter-adapter lain yang mungkin ditambahkan sebagai penunjang sesuai dengan tingkat kebutuhan si pemakai.

Adapun beberapa komponen yang digunakan untuk membangun PC adalah :


  • Cassing dan Power Supply

Cassing dan power supply terkadang dijual dalam satu kesatuan, meskipun beberapa penjual terkadang menjualnya secara terpisah. Banyak sekali desain yang ditawarkan untuk dapat dipilih, akan tetapi biasanya tergantung dari bentuk motherboard yang anda ingin gunakan. Berapa jumlah drive yang tersedia, dan apakah model desktop atau model tower. Beberapa casing disertai dengan kipas pendingin tambahan , penyaring udara untuk menghindari debu, sisi panel yang dapat dibuka dan dudukan mainboard. Ukuran dan bentuk casing, power supply dan pelengkap motherboard disebut form factor. Beberapa form factor casing yang sangat popular adalah :

1. Full Tower

2. Middle Tower

3. Desktop

4. Low-Profile

   Cassing yang menggunakan board ATX biasanya menggunakan form factor full tower, dan mini tower dan desktop.Dalam memilih cassing dalam bentuk desktop atau tower, sangat tergantung pada pilihan anda sendri dan lokasi sistemnya. Beberapa orang merasa system tower lebih longgar dan memudahkan pekerjaannya, dan ukuran tower ini akan menyediakan lubang tempat drive penyimpanan anda lebih dari cukup. Cassing tower ini akan mencukupi karena tersedianya lubang floppy drives, tempat drive harddisk yang banyak, CD-ROM drive dan semuanya yang ingin anda instal sesuai dengan kebutuhan.

  •  Motherboard (Papan Utama)

Motherboard atau mainboard merupakan alas atau wadah untuk komponen-komponen,seperti: microprosessor dan memory (ram/random access memory), rom BIOS (Basic Input Output System) dan chip controller lainnya. Selain itu juga terdapat Slot yang disebut slot expansi (expansion slot) yaitu tempat memasang kartu-kartu (card) tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas yang ada pada computer.

  •  Chipset

Selain processor terdapat komponen utama dalam sebuah motherboard yaitu chipset. Biasanya terdapat satu hingga 4 chip pada rangkaian utama, chipset telah mengganti 150 komponen berbeda. Chipset berisi sambungan pada seluruh motherboard kecuali memory dan processor pada keseluruhan system. Chipset adalah motherboard yang sesungguhnya, .chipset yang digunakan motherboard mempunyai efek yang sangat besar pada performa dan limitasinya dalam sebuah boar, seperti ukuran memori dan kecepatannya, tipe processor dan kecepatannya, bus-bus pendukung dan kecepatannya, dan lain-lain. Jika anda merencanakan untuk menggunakan teknologi terkini seperti AGP atau USB kedalam system anda. Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah motherboard anda telah mempunyai chipset yang mendukung fitur tersebut atau tidak.

  •  Memory

Memory berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memory mempunyai bermacam-macam tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.

Berdasarkan kecepatan aksesnya :

Tercepat : - Register

- Chace memory

Terlambat : - Main Memory

-Sekunder memory

Selain menyatakan hubungan kecepatan, hakiki tersebut juga menyatakan hubungan-hubungan lain, yaitu :

· Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).

· Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitas semakin terbatas.

· Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.

      v. Register Memori

Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang paling cepat, memori ini terdapat pada CPU/Processor. Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Register, Memory Address, I/O address Register, Instruction Register,dll.

    v Cache Memori

Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache memori ini ada diantara memori utama dan register pemproses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

  v Memori Utama

Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memori utama :

1. ROM (Read Only Memory) berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.

2. RAM (Random Access Memory berfungsi menyimpan data untuk sementara waktu.

  v Memori Sekunder

Merupakan memori tambahan berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh : Harddisk, floppy disk, dll.
  •  Input / Output Unit

Input/Output Unit merupakan bagian dari computer untuk menerima data maupun mengeluarkan/menampilkan data setelah diproses oleh Processor. Input/Output Unit dibagi dalam dua bagian, yaitu :

- Port I/O : Merupakan port atau gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O.

- Peripheral I/O : sesuatu yang mengacu ke peralatan eksternal yang dihubungkan dengan computer.


by :Henry

0 komentar:

Posting Komentar